Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by emochanz_chapoenk on May 5th 2009, 12:56 pm

Sekarang ini lagi rame-ramenya warga dunia mem'protect' negaranya dari virus H1N1 ato yang sering dibilang flu babi

ada gag yang tau tentang virus ini?

ato ada yang tau cara mencegah ato nyembuhinnya?

kasih tau yaw...



lumayan bwt nambah tugas skul
avatar
emochanz_chapoenk
;;;Still-ON~{
;;;Still-ON~{

Female
Rat
Jumlah posting : 167
Age : 21
Location : dimana ada coklad, disitu ada q~~~
Sector : Gortha
Hobbies : maen~OL~xmx.an~dengar musik~maen drum~baca komik~
Registration date : 09.10.07

Lihat profil user http://chapoenk17.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by Hortenshia Eri on May 9th 2009, 1:45 pm

Pengertian Flu Babi:

Sebuah penyakit yang berkembang terus menerus bertambah apakah ini sudah menjadi hal yang sudah pasti kita hadapi zaman sekarang, apakah masa depan lebih banyak lagi penyakit yang mengancam manusia. Mungkinkah ini akibat dari revolusi industri yang menyebabkan pencemaran dimana-mana, sekarang yang lagi menarik adalah meningkatkanya suhu lingkungan di Indonesia yang mencapai 1-2 C dan didengungkan masalah global warming. Terpenting bahwa kita sebagai umat muslim yang mengharamkan babi maka jangan terlkalu khawatir akan hal tersebut. Ini sedikit penjelasan tentang flu babi:

Pengertian
Flu babi (Inggris:Swine influenza) adalah kasus-kasus influensa yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Galur virus flu babi yang telah diisolasi sampai saat ini telah digolongkan sebagai Influenzavirus C atau subtipe genus Influenzavirus A (Anonymous, 2009). Sedangkan menurut Kusmarjadi (2009) Flu Babi atau Swine Flu/Influenza adalah penyakit saluran pernafasan pada babi, yang disebabkan virus influenza jenis A. Virus flu ini menyebabkan kesakitan yang berat pada babi tetapi angka kematiannya rendah. Virus ini (type A H1N1 virus) pertama kali di isolasi dari babi pada tahun 1930. Seperti semua virus influenza, virus flu babi berubah secara konstan. Babi bisa terinfeksi virus avian influenza (virus flu burung) dan virus flu manusia. Jika berbagai virus ini menyerang babi, maka virus ini akan mampu membentuk spesien2 virus baru, yang merupakan gabungan virus avian, manusia dan swine. Sampai saat ini sudah berhasil diisolasi sebanyak 4 sub-type A: H1N1, H1N2, H3N2, and H3N1. H1N1 merupakan virus jebis baru yang baru saja ditemukan pada babi.

Asal Flu Babi
Kepala Laboratorium Flu Unggas Universitas Airlangga CA Nidom mengatakan, flu babi sebenarnya sudah lazim. Penyakit dengan virus H1N1 di Indonesia sudah ada sejak dulu. Subtipe di Indonesia atau H1N1 klasik tidak berbahaya. "H1N1 tipe Meksiko yang dikenal sebagai flu babi sekarang inilah yang berbahaya," katanya di Surabaya, Selasa (28/4). Berdasarkan riset Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, H1N1 tipe Meksiko diduga kuat gabungan flu unggas, flu babi, dan flu manusia. Virus kemungkinan berubah di tubuh babi. "Sejak 2005, saya sudah melontarkan hipotesis ini. Saya sudah khawatir ini bakal terjadi. Akhir tahun lalu saya kembali mengingatkan potensi bahaya ini. Namun, sebagian kalangan masih menentang," ujarnya.
Virus yang berubah di tubuh babi lebih mungkin menular ke manusia. Pasalnya, manusia dan babi sama-sama mamalia yang cenderung memiliki kesamaan. Sebaliknya, flu unggas tidak bisa langsung ke manusia. "Secara teoretis, virus di unggas tidak bisa langsung ke mamalia seperti manusia. Harus ada perantara mamalia lain dan itu kemungkinan besar babi," katanya. Di tubuh babi, virus mengalami perubahan dengan dua pola. Pola pertama berupa adaptasi. "Kalau ini terjadi, dampaknya tidak terlalu berbahaya karena tidak ada perubahan struktur virus," ujarnya. Pola kedua berupa penyusunan ulang virus. Berdasarkan pola ini, virus bisa berkembang menjadi gabungan flu babi, flu unggas, dan flu manusia. "Jika menyimak penjelasan di AS, ada kemungkinan reassortan (penyusunan ulang)," ujarnya. Jika hal itu terjadi, tidak tertutup kemungkinan flu babi bisa berkembang di Indonesia. Salah satu pendukungnya adalah banyaknya peternakan ayam dan babi yang berdekatan. "Sejak flu unggas merebak, saya sudah mengemukakan pentingnya menata ulang peternakan," tuturnya. (Kompas, 28/04/2009)


Kasus di Dunia
Virus influenza A(H1N1) atau yang sering disebut flu babi atau flu meksiko hingga hari ini Sabtu (2/5) telah menginfeksi setidaknya 615 orang di 15 negara. Demikian data terakhir yang dirilis badan kesehatan dunia WHO dalam situsnya.
Meksiko disebutkan melaporkan kasus infeksi 397 dengan angka kematian mencapai 16. Kenaikan angka kasus sebanyak 241 dari Meksiko ini dibanding Jumat (1/5) lalu pada pkl 23.30 GMT merefleksikan hasil pengujian spesimen yang telah dikumpulkan sebelumnya. Pemerintah Amerika Serikat melaporkan angka kejadian infeksi berdasar pemeriksaan laboratorium mencapai 141 dengan 1 kasus kematian. Kasus infeksi di negara-negara lain tanpa kasus kematian seperti Austria (1), Kanada (34), China, Wilayah administratif khusus Hong Kong (1), Denmark (1), Perancis (1), Jerman (4), Israel (2), Belanda (1), New Zealand (4), Republik Korea (1), dan Spanyol (13), sitzerland (1) dan Inggris (13). (Kompas, 2/5/2009).

Tanda dan Gejala
Gejala influensa ini mirip dengan influensa. Gejalanya seperti demam, batuk, sakit pada kerongkongan, sakit pada tubuh, kepala, panas dingin, dan lemah lesu. Beberapa penderita juga melaporkan buang air besar dan muntah-muntah (Anonymous, 2009).

Cara Penularan
Virus swine influenza tidak ditularkan melalui makanan. Memasak makanan sampai suhu 160F akan mematikan virus ini. Virus influenza bisa menular dari babi ke manusia atau sebaliknya. Infeksi pada manusia terjadi terutama jika berada dekat2 babi yang terinfeksi seperti berada dalam kandang babi dll. Infeksi dari manusia ke manusia lain juga bisa terjad, mirip sperti flu manusia, yaitu melalui bersin atau batuk. Bisa juga lewat sentuhan tangan, kemudian tangan tersebut menyentuh mulut atau hidung (Kusmarjadi, 2009)

Cara Diagnosa
Untuk mendiagnosis infeksi swine influenza, dibutuhkan koleksi spesimen dari saluran nafas dalam 4-5 hari pertama. Spesimen ini8 kemudian diperiksakan di Laboratorium (Kusmarjadi, 2009).

Obat Influenza
Ada 4 macam obat antivirus yang beredar di USuntuk mengobati influenza: amantadine, rimantadine, oseltamivir san zanamivir. Pada umunya virus swine influenza masih mempan dengan obat2 ini. Tetapi hasil isolasi virus swine terbaru dari manusia didapatkan resisten terhadap amantadine dan rimantadine. Sehingga saat ini obat yang dianjurkan untuk mengobati serta mencegah swine influenza adalah oseltamivir atau zanamivir (Kusmarjadi, 2009).

Pencegahan Penting
Obat flu babi sama dengan obat yang digunakan untuk flu biasa atau flu burung. Centers for Disease Control and Prevention (CDCP) merekomendasikan obat antivirus oseltamivir (Tamiflu) atau zanamivir. Hanya saja, obat ini lebih efektif jika diberikan pada tahap dini perjalanan penyakit, saat kerusakan pada sel paru-paru belum terlalu parah. Belum ada vaksin yang dapat melindungi manusia agar tidak terkena flu babi. Oleh karena itu, langkah pencegahan untuk membatasi penularan sangat penting. Berikut tindakan yang perlu diambil untuk mengurangi risiko penularan jika Anda sedang berada di daerah wabah flu babi (Saputro, 2009) :
1. Menutup hidung dan mulut dengan tissue saat batuk atau bersin. Membuang tissue ke tempat sampah setelah digunakan.
2. Mencuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah batuk atau bersin. Tissue yang mengandung alkohol juga dapat digunakan.
3. Menghindari kontak erat dengan orang yang sakit flu.
4. Jika sakit, hendaknya tetap berada di rumah, tidak pergi bekerja atau ke sekolah, agar tidak menginfeksi orang lain.
5. Menghindari menyentuh mata, hidung, atau mulut. Virus menular lewat bagian tubuh tersebut.

http://kaisartakhesi.blogspot.com/2009/05/flu-babi.html
avatar
Hortenshia Eri
King Of Dome
King Of Dome

Female
Rooster
Jumlah posting : 5781
Age : 24
Location : HaruRi Choco Factory
Sector : Ghortasupha
Hobbies : Nulis Cerita, Dengerin Musik, Bikin Animasi (masih dalam proses), etc
Registration date : 26.04.08

Lihat profil user http://www.sorastudio.webs.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on May 9th 2009, 1:57 pm

yang aq tahu sih flu babi ini sbnrnya di kalangan para hewan babi sbnrnya nggak mematikan. Cuma, tahu sendiri kan? Namanya juga penyakit dari hewan yang pindah ke manusia...tentu saja kita jadi kelabakan karena obatnya so pasti laen dari obat untuk babi.
Sama halnya seperti AIDS, kata papa minmy, AIDS sebenernya penyakit dari monyet loh, pertamanya kalo ngga salah menyebar di Afrika. Tapi, baik untuk monyet dan manusia, penyakit ni sama mematikannya... Happy


*minmy menulis tentang flu babi di blog, makanya udah hapal...* Smile
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by Hortenshia Eri on May 9th 2009, 2:38 pm

Kapan? Kapan? Di blog yang mana???!! OwO
avatar
Hortenshia Eri
King Of Dome
King Of Dome

Female
Rooster
Jumlah posting : 5781
Age : 24
Location : HaruRi Choco Factory
Sector : Ghortasupha
Hobbies : Nulis Cerita, Dengerin Musik, Bikin Animasi (masih dalam proses), etc
Registration date : 26.04.08

Lihat profil user http://www.sorastudio.webs.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on May 9th 2009, 9:51 pm

di cugax girl lah...

klik aja d link sya di siggy ini... Happy

*minmy mw tanya kk Hyou gimana caranya bikin link...
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by Angelsz on May 9th 2009, 11:12 pm

minmy wrote:yang aq tahu sih flu babi ini sbnrnya di kalangan para hewan babi sbnrnya nggak mematikan. Cuma, tahu sendiri kan? Namanya juga penyakit dari hewan yang pindah ke manusia...tentu saja kita jadi kelabakan karena obatnya so pasti laen dari obat untuk babi.
Sama halnya seperti AIDS, kata papa minmy, AIDS sebenernya penyakit dari monyet loh, pertamanya kalo ngga salah menyebar di Afrika. Tapi, baik untuk monyet dan manusia, penyakit ni sama mematikannya... Happy


*minmy menulis tentang flu babi di blog, makanya udah hapal...* Smile

apa gara2 org afrika suka makan monyet yah?O.o
avatar
Angelsz
+da best hompierz+
+da best hompierz+

Female
Dog
Jumlah posting : 3866
Age : 23
Location : di depan meja komputer
Sector : Ghortashupha
Hobbies : riie / riephon / angel / angelsz dll..@_@
Registration date : 22.12.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on May 10th 2009, 1:33 pm

makan monyet???
gimana rasanya iaaa???
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by nadaa :) on May 12th 2009, 9:19 am

sama aja lu makan sodara lu sendiri yaa..terserah..
*digeplak gara2 OOT*
avatar
nadaa :)
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Rat
Jumlah posting : 1692
Age : 21
Location : everywhere
Sector : Ghortasupha
Registration date : 10.10.07

Lihat profil user http://classofmylife.co.nr

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on May 20th 2009, 12:13 am

maksudnya apah? *pura2 ngga ngerti* kyaa
mksdnya saya monyet?
saya kan manusia kyaa
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by vina balik lgg :P on May 20th 2009, 12:14 pm

minmy : kug kya ny gg nyambung iaa ?
atw vina iang lola ?
wkwkwkwk
avatar
vina balik lgg :P
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1673
Age : 21
Location : cilacap
Registration date : 30.09.07

Lihat profil user http://www.facebook.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by areena on May 20th 2009, 11:51 pm

stres smua
*uda lama kaga maen di sini*

hoahhaha..

OOTnya masi tetep kambuh *?*
avatar
areena
King Of Dome
King Of Dome

Female
Dog
Jumlah posting : 6862
Age : 23
Location : massu's bed~
Sector : Dam-Boo-Pa
Hobbies : .... :D
Registration date : 12.10.07

Lihat profil user http://areena.co.nr

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on May 20th 2009, 11:58 pm

areena wrote:stres smua
*uda lama kaga maen di sini*

hoahhaha..

OOTnya masi tetep kambuh *?*

budaya OOT kan udah mengakar di sini *disambit*

ngomong2 crita ttg virus flu babi udah ngga ada lagi nih??? Benarkah??
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by areena on May 21st 2009, 12:06 am

ada ah ada..
pelajar di jepang... positif flu babi.. cewe

*uda basi banget*
avatar
areena
King Of Dome
King Of Dome

Female
Dog
Jumlah posting : 6862
Age : 23
Location : massu's bed~
Sector : Dam-Boo-Pa
Hobbies : .... :D
Registration date : 12.10.07

Lihat profil user http://areena.co.nr

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on May 21st 2009, 12:10 am

wah saya ngga prnh thu ituh... Benarkah??
tpi kyknya skrg yg lagi "in" ttg pesawat jatoh di Magetan deh... Benarkah??
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by areena on May 21st 2009, 7:00 am

jelas lah Benarkah??
98 orang tewas? iya kan?

aduu sebel
avatar
areena
King Of Dome
King Of Dome

Female
Dog
Jumlah posting : 6862
Age : 23
Location : massu's bed~
Sector : Dam-Boo-Pa
Hobbies : .... :D
Registration date : 12.10.07

Lihat profil user http://areena.co.nr

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on May 21st 2009, 2:12 pm

Sippyrilly

o iya...mama aq dpt sms kaleng yang bilang kalo ada surat2 baru di Al-Quran...bnr ngga yah itu??? Benarkah??
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by amel :) on May 21st 2009, 6:43 pm

yh kykny sih kgga bner
avatar
amel :)
+da best hompierz+
+da best hompierz+

Female
Tiger
Jumlah posting : 4881
Age : 19
Location : d TempaT yaNg paNas!!
Hobbies : maen
Registration date : 30.09.07

Lihat profil user http://www.facebook.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by emochanz_chapoenk on June 9th 2009, 9:17 pm

maaph....mw OOT bnyk nie...

td ada yg blg klo org Afrika maem monyet...

ngeri....soalnya.....

di skul julukan.q monyet..............

hua...!!!!!!!!!!! Sad
avatar
emochanz_chapoenk
;;;Still-ON~{
;;;Still-ON~{

Female
Rat
Jumlah posting : 167
Age : 21
Location : dimana ada coklad, disitu ada q~~~
Sector : Gortha
Hobbies : maen~OL~xmx.an~dengar musik~maen drum~baca komik~
Registration date : 09.10.07

Lihat profil user http://chapoenk17.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on June 11th 2009, 3:46 pm

wekekeke...itu kan ejekan org...
knp malah seneng dibilang monyet. Jgn2 bnr situ monyet? timpukin rame-ramee. *ditimpuk emo*
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by emochanz_chapoenk on June 16th 2009, 5:49 pm

hahahahahaa..... kyaa
ya gag seh...
saiia mzh manusia... kyaa

tp q sbner.x suka jg d.blg monyet....
auk napa...
avatar
emochanz_chapoenk
;;;Still-ON~{
;;;Still-ON~{

Female
Rat
Jumlah posting : 167
Age : 21
Location : dimana ada coklad, disitu ada q~~~
Sector : Gortha
Hobbies : maen~OL~xmx.an~dengar musik~maen drum~baca komik~
Registration date : 09.10.07

Lihat profil user http://chapoenk17.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by minmy on June 17th 2009, 9:41 am

oooh....
avatar
minmy
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Female
Pig
Jumlah posting : 1500
Age : 22
Location : P//A//L//E//M//B//A//N//G
Sector : Gorthasupha ~kepingin menjalani kehidupan sbg anak Gortha~
Hobbies : gambar, internetan, blogging, makan, bobo, maen AD :)
Registration date : 16.01.08

Lihat profil user http://piachanonly.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by Gray Fujiwara on June 17th 2009, 5:37 pm

hahahahahaa

aneh~~
avatar
Gray Fujiwara
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Male
Rat
Jumlah posting : 1420
Age : 21
Location : di Kolong jembatan
Sector : Ghorthasuptha (bener gk tulisannya?)
Hobbies : MONEY IS EVERY THING !!
Registration date : 27.05.08

Lihat profil user http://plutokecil.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by emochanz_chapoenk on June 17th 2009, 6:06 pm

biar aneh yg penting monyet!!! kyaa

avatar
emochanz_chapoenk
;;;Still-ON~{
;;;Still-ON~{

Female
Rat
Jumlah posting : 167
Age : 21
Location : dimana ada coklad, disitu ada q~~~
Sector : Gortha
Hobbies : maen~OL~xmx.an~dengar musik~maen drum~baca komik~
Registration date : 09.10.07

Lihat profil user http://chapoenk17.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by Gray Fujiwara on June 17th 2009, 6:51 pm

Monyet Affrika??
avatar
Gray Fujiwara
I Luv Hompy!
I Luv Hompy!

Male
Rat
Jumlah posting : 1420
Age : 21
Location : di Kolong jembatan
Sector : Ghorthasuptha (bener gk tulisannya?)
Hobbies : MONEY IS EVERY THING !!
Registration date : 27.05.08

Lihat profil user http://plutokecil.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by emochanz_chapoenk on June 17th 2009, 6:55 pm

lokal ajah deh...

Indonesia ajah.....
hehehee
avatar
emochanz_chapoenk
;;;Still-ON~{
;;;Still-ON~{

Female
Rat
Jumlah posting : 167
Age : 21
Location : dimana ada coklad, disitu ada q~~~
Sector : Gortha
Hobbies : maen~OL~xmx.an~dengar musik~maen drum~baca komik~
Registration date : 09.10.07

Lihat profil user http://chapoenk17.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Flu Babi alias H1N1...~ada yang tau?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik